Pages

Friday 20 January 2012

nilai - nilai haji




Haji merupakan kumpulan tindakan dan bacaan. Semua ini meningkatakan perasaan keimanan Muslim .

Berbicara secara umum, Haji termasuk jumlah sholat yang dilaksanakan oleh Jamaah selama periode tertentu. Setiap tindakan, kata dan sholat merupakan simbol inspirasi rohani dengan rasa penuh keimanan.

Ihram, Talbiyah (Tawaf), Sa'i, Wuquf (berdiam di Arafah) untuk.untuk beberapa kegiatan, yang semuanya campuran perasaan tindakan dan spiritual yang dialami oleh para jamaah. Setiap tindakan memiliki makna yang dalam dan tujuan ritual serta memberikan nilai-nilai Islam dan yang dilakuan secara simbolis dan tepat.

Ritual dilakukan dalam jumlah orang yang sangat banyak. Orang-orang berkumpul untuk menyembah Allah, Yang Mahakuasa. Tujuan maereka adalah untuk keridhaan Allah dan pengampunan Allah, menyerahkan diri serta memohon dikabulkan doanya oleh Allah.

Ketika Muslim memutuskan untuk melaksanakan Haji, dihatinya harus tulus untuk mendapatkan Ridha dan karena Allah semata.
Melaksanakan Haji mengorbankan uang dan fisik serta mempersembahkan dengan tulus kepada Allah. Yang dapat meninggalkan bekas yang lama dihati Muslim untuk terus mengingat Allah SWT.

Secara berulang-ulang dilakukan oleh umat manusia. Melaksanakan Haji tidak bisa dilakukan sendiri. Melainkan harus dilakukan secara bersama. Ritual harus dilakukan secara bersamaan. Dimana, sesuai dengan prinsip Islam: Bersaudara, satu kesatuan, kedamaian dan setara.

Jamaah yang datang dari kebangsaan yang berbeda akan mengenal satu sama lain, melaksanakan sholat dan berdoa bersama sehingga Allah mempermudahkan urusan mereka dan mengampuni dosanya.

No comments:

Post a Comment