Pages

Saturday 21 January 2012

kembali tanpa dosa selepas haji




Bagi mereka yang telah diberikan kemampuan untuk melakukan ibadah Haji oleh Yang Mahakuasa hendaknya bersyukur pada NYA karena ia termasuk orang terlilih diantara pada hamba-Nya yang lain untuk melakukan ibadah ini, dan mereka harus memohon dan berdoa agar tindakan mulianya ini diterima. Mampu untuk melakukan haji dan umrah merupakan rahmat yang luar biasa yang patut disyukuri.

Selain itu, mereka yang telah melaksanakan ibadah Haji hendaknya tetap untuk terus mendekatkan diri kepada Allah, terus mengingat Allah seperti firman Allah:

Apabila kamu telah menyelesaikan ibadah hajimu, maka berdzikirlah dengan menyebut Allah, sebagaimana kamu menyebut-nyebut (membangga-banggakan) nenek moyangmu, atau (bahkan) berdzikirlah lebih banyak dari itu. Maka di antara manusia ada orang yang bendoa: "Ya Tuhan kami, berilah kami (kebaikan) di dunia", dan tiadalah baginya bahagian (yang menyenangkan) di akhirat.
(Al-Baqarah 200)

Menunaikan Haji dan , sebagaimana Nabi Muhammad (kedamaian dan rahmat Allah tercurahkan padanya) bersabda dalam hadis,

”Barangsiapa yang menjalankan ibadah haji karena Allah, kemudian dia tidak melakukan perbuatan keji dan fasik (maksiat), maka dia akan kembali (ke rumahnya) dalam keadaan seperti pada hari dia dilahirkan oleh ibunya (yakni tanpa dosa).”

Oleh karena itu sangat penting bagi jamaah haji untuk melakukan sebaik mungkin yang mereka bisa. Mereka harus konsisten dalam mengingat Allah dan terus melaksanakan sholat lima waktu serta perintah agama lainnya.

Selanjutnya, mereka harus terus memperlajari kitab suci AL Quran setiap hari dan mengisi hari-harinya dengan amal perbuatan baik serta terus bersikap seperti layaknya orang Muslim. Setelah menyelesaikan rukun islam yang kelima, jamaah haji harus berdoa kapada Yang mahakuasa agar ditetapkan hatinya untuk terus mengingat Allahdan menjalankan apa yang diperintahkanNYA.

Mereka yang melakukan Ibadah Haji dan Umrah hendaklah terus menjauhi perbuatan yang diharamkan dan berdakwah seperti diperintahkan Islam dengan mengingatkan Muslim lain untuk melakukan amal perbuatan baik dan meningkatkan amal perbuatan yang baik juga.

No comments:

Post a Comment