Pages

Tuesday 24 September 2013

Pria yang Menikah Hidup Lebih Lama




Pria yang Menikah Hidup Lebih Lama?


Menikah itu baik untuk kesehatan, khususnya bila Anda seorang pria. Pria yang menikah cenderung hidup lebih lama dibandingkan dengan yang tidak. Mereka juga lebih rajin kontrol kesehatan ke dokter dan memiliki risiko lebih rendah meninggal karena serangan jantung atau stroke.
diyah triarsari

Pria menikah cenderung lebih panjang umur. Alasannya, ketika mengalami nyeri dada karena serangan jantung, pria yang menikah cepat dibawa ke rumah sakit dibandingkan dengan yang hidup sendiri.

Pada perempuan, status pernikahan tidak ada hubungannya dengan seberapa cepat kaum Hawa mencari pengobatan setelah mengalami nyeri dada karena serangan jantung. Demikian menurut studi yang diterbitkan dalam Canadian Medical Association Journal.

“Salah satu alasannya, secara tradisional perempuan cenderung menjadi pihak yang mengurus dalam sebuah hubungan suami istri, dan lebih mendorong suami untuk mencari pengobatan medis daripada sebaliknya,” kata Clare Atzema, MD, peneliti di Institute for Clinical Evaluative Sciences, organisasi nirlaba yang berpusat di Toronto dan mempelajari perawatan kesehatan di Ontario.

Peran perempuan dalam perkawinan itu begitu berakar, sehingga seorang istri tak perlu secara fisik berada di dekat suaminya ketika serangan jantung, untuk punya pengaruh terhadap suaminya. “Pria hanya tahu kapan istrinya kembali dan mengetahui terkena serangan jantung setelah menunggu selama lima atau enam jam. Antisipasi harus menunggu berjam-jam itu membuat pria mencari pengobatan lebih cepat dan efektif,” tambahnya.


sumber dari: health.liputan6.com

No comments:

Post a Comment