Pages

Friday 2 August 2013

Kapan Hari Raya Idul Fitri Lebaran Tahun Ini?




Informasi hari lebaran Idhul Fitri 2013


Rasa penasaran kapan jatuhnya lebaran Idul Fitri tahun 2013 ini menyeruak dikalangan umat Islam di Tanah Air.
Untuk menjawab hal tersebut, Pemerintah akan menggelar sidang itsbat penentuan 1 Syawal 1434 Hijriyah pada 7 Agustus 2013.
Wakil Menteri Agama Nasaruddin Umar mengharapkan agar hari raya Idul Fitri yang sangat dinanti-nanti tahun ini akan dirayakan secara bersama oleh semua umat Muslim di Indonesia.
"Sidang itsbat akan dilaksanakan 7 Agustus, semua ormas Islam kita undang," kata Wamenag di Jakarta Selatan, Selasa (30/72013).
Umar mengungkapkan hal itu usai acara buka puasa bersama di depan para wartawan di kediamannya, Jalan Ampera I No. 10, Jakarta Selatan. Turut hadir Duta Besar Arab Saudi Mustafa bin Ibrahim Al Mubarak, para pejabat eselon I, II, dan III Kementerian Agama, dan juga beberapa direktur BUMN.
Wamenag mengatakan, jika didasarkan pada perhitungan hisab, pada hari pelaksanaan rukyatul hilal atau hari Rabu senja tanggal 7 Agustus 2013, posisi hilal berada di atas 2 derajat. Menurut pengalaman tahun-tahun sebelumnya, apabila hilal di atas 2 derajat, maka hilal atau bulan baru dimungkinkan akan bisa disaksikan atau imkanur rukyat.
"Kecuali jika pada hari itu seluruh lokasi pemantauan hilal di Tanah Air terhalang mendung," katanya.
Namun ia berharap, hari raya Idul Fitri tahun 2013 akan dirayakan bersama-sama oleh seluruh masyarakat muslim Indonesia. "Kita berharap lebaran bareng, sehingga lebih menguatkan ukhuwah Islamiyah," harapnya.


sumber dari: namafb.com

No comments:

Post a Comment