Pages

Tuesday 18 October 2011

galapagos -pulau kediaman haiwan




 Galapagos adalah kepulauan yang terletak di Samudra pasifik. Tepatnya di sebelah barat pesisi Amerika Selatan. Galapagos termasuk bagian dari bagian dari Negara Equador.
 
Galapagos merupakan rumah bagi hewan-hewan aneh dan langka. Kura-kura dewasa di Galapagos, panjangnya bisa mencapai 1,5 meter. Sedangkan beratnya bisa mencapai 300 kg. selain itu masih banyak hewan langka lainnya. Diantaranya, Amblyrhynchus cristatus, satu-satunya jenis iguana yang makan makanan dari laut, dan Nannopterum harrisi, burung laut yang tidak bisa terbang.
 
Dalam bahasa spanyol kura-kura raksasa dikenal sebagai Galapago. Nama itulah yang kemudian dijadikan nama kepulauan ini.
Dulu, waktu pertama kali pulau ini ditemukan oleh orang spanyol, pulau ini disebut ‘pulau sikantada’. Artinya ‘pulau setan’. Ini karena orang-orang spanyol itu ketakutan saat melihat kura-kura raksasa, mereka mengira kura-kura raksasa itu jelmaan setan.
 
Karena keunikan satwa dan alamnya, Galapagos menjadi laboratorium alami. Banyak ilmuwan yang mengadakan penelitian di pulau ini. Salah seorang ilmuwan terkenal itu bernama Charles Darwin. Darwin pertama kali mendarat di Galapagos pada tahun 1835. Dia terkejut melihat berbagai hewan aneh yang terdapat di kepulauan tersebut. Bertahun-tahun kemudian Darwin menerbitkan buku berjudul The Origin of Species. Karena buku ini Darwin dan Galapagos termasyhur ke seluruh dunia. Dan oleh UNESCO Galapagos ditetapkan sebagai situs warisan dunia.

No comments:

Post a Comment