Pages

Tuesday 14 August 2012

tradisi menjelang lebaran






Lumayan ada beberapa, yang pertama sudah jelas “Mudik”. Rasanya kalau gak mudik ya gak lebaran. Lebaran gak mudik itu penganiayaan, katanya [bukan kata saya lho]. Lebaran identik dengan kumpul bareng keluarga besar atau superbesar, percaya deh sakit banget rasanya kalau lebaran gak mudik. Terasa remuk redam pahit sekam, tidur tak nyenyak makan tak enak apalagi tiap detik waktu rasanya berabad-abad [lebay banget]. 

Beda rasanya kalau Mudik, mata berkunang-kunang, hati mengembang, senyum terkapar lebar, semangat rasa menjulang, aduhai betapa bahagianya mereka yang mudik di saat lebaran. Tapi ada sebuah tapi cuma satu yang gak enak waktu mudik, itu lho rameeeeeee banget bikin capek luar dalem.

Tahun ini saya mudik pas nyampe langsung tepar menimpa bantal, pegal semua ditambah lagi ongkosnya gila-gilaan heh demi lebaran nih dibela-belain derita luar dalam. Pegal itu bisa dimaklumi tapi ongkos yang gila-gilaan itu wah sungguh ekonominya manusia bangettt ketika permintaan meningkat maka harga melambung naik. Seandainya gak naik juga masih untung besar tapi namanya manusia lebih menyukai untung yang lebih besar, seseran dimana-mana so harus pintar memesan tiket supaya dapet tempat duduk dan gak rugi banyak. Bayangkan sudah bayar mahal sudah pesan jauh-jauh hari eh ternyata berdiri pula, alasannya apa? “maaf Pak anda gak daftar ulang dulu sehari sebelumnya”. atau “ya situasi yang seperti ini gak usah pikir tempat duduklah Pak yang penting nyampe” busyet apa iya tuh, gak kok basa-basi doang maksudnya kalau mau tempat duduk anda harus sedikit membayar lebih, oooh biaya tambahan bilang dong dari tadi heeeh rezeki itu memang harus dicari ya kan Pak dan Bu. Dimana rasa kasihan, ada cuma gak kelihatan karena ketutup sama lebaran. Tradisi mudik ini gak ada masalah buat saya bahkan perlu banget ,deritanya terkalahkan dengan senangnya nyampe ke rumah. Yah hitung-hitung pengorbanan demi kebaikan yang lebih besar :mrgreen:

Yang kedua tradisi Takbiran. Bukan yang versi agamis takbiran di masjid [ini mah harus], yang saya maksud itu versi nonformil yaitu arak-arakan keliling kota sambil tabuh bedug plus shoot petasan. Kebetulan tanpa sengaja di malam takbiran tahun ini saya terjebak di tengah kota. 

Ampun deh berisiknya dan ramai, senengnya udah lama gak ngerasain momen kayak gini. anak-anak supercilik bergelantungan di atap truk dan petasannya gila zaman saya dulu mana ada yang sebesar basoka, mau nembak siapa sih dek. Tradisi ini menyenangkan bagi mereka yang masih kecil dan tentu bagi yang berjiwa muda [seperti saya] tetapi maaf sepertinya tradisi ini rentan sekali, resikonya itu bikin merinding. Apa jadinya jika truk itu ngerem mendadak? Saya cuma bisa berdoa semoga anak-anak itu dijaga sama Allah SWT dan besok bisa lebaran dengan nikmat. Kalau saya punya anak, saya gak mau anak saya ikut tradisi ini heh Ibunya bisa pucat cemas semalaman. 

Salutt buat bapak ibu polisi yang mengatur dan mentertibkan jalan sekalian mengingatkan para sopirnya agar pelan-pelan. Besok lebaran mereka masih kerja ekstra demi kesenangan anak-anak supercilik, semoga diberikan pahala yang banyak, amin. :)



sumber dari: secondprince.wordpress.com

No comments:

Post a Comment