Pages

Tuesday, 14 May 2013

monumen peninggalan Firaun




piramid mesir

Piramid merupakan monumen peninggalan Raja Firaun yang terletak tidak jauh dari ibukota Mesir, Cairo. Monumen berbentuk piramid terletak dalam sebuah situs di daerah pegunungan di atas kota Cairo. Di Mesir ada beberapa piramid yang dapat dikunjungi , antara lain Piramid Sakkara, Piramid Giza, Piramid Cheops, Piramid Chevren, dan Piramid Menkaura.

Di Mesir umumnya piramid digunakan sebagai makam raja-raja Mesir Kuno yang dikenal dengan nama firaun
  1. Piramid Sakkara. Piramid Sakkara terletak didaerah Maryuthiyyah, Giza yang berjarak 30 km dari kota Cairo. Piramid ini merupakan piramid pertama yang dibangun oleh Zoser, raja pertama dari dinasti ke 3. Piramid Sakkara terdiri dari 6 tingkat dengan tinggi sekitar 60 m. Piramid Sakkara diperkirakan sebagai kuburan Raja Zoser dan keluarganya. Di piramid ini juga terdapat kuil tempat Zoser beribadah.
  2. Piramid Giza. Piramid Giza terletak di Giza sekitar 15 km dari kota Cairo. Disekitar piramid Giza terdapat beberapa piramid, yaitu Piramid Cheops, Piramid Cevren, dan Piramid Menkaura. Piramida Giza atau piramida agung yang terbentang di hamparan padang pasir bersuhu lebih dari 35 derajat Celcius
  3. Piramid Cheops. Piramid Cheops merupakan piramid terbesar dari ketiga piramid lainnya. Piramid ini dibangun oleh Raja Cheops pada tahun 2690 SM. Raja Cheops merupakan raja pada dinasti ke IV. Pembangunan piramid ini memakan waktu sekitar 20 tahun dengan jumlah pekerja sekitar 100.000 orang. Bangunan piramid Cheops diperkirakan disusun dengan batu-batu berjumlah ± 2,5 juta buah. Batu-batu ini disusun sekitar 200 tingkat dengan tinngi sekitar 147 m. Dikarenakan adanya erosi, piramid ini sekarang hanya bertinggi sekitar 136 m.
  4. Piramid Chevren. Piramid Chevren dibangun oleh Cevren, putra ke 2 dari Raja Cheops pada tahun 2650 SM. Tinggi piramid ini sekitar 136 m dengan panjang setiap sisi 214 m. Jumlah batu di piramid ini diperkirakan berjumlah 2,2 juta buah.
  5. Piramid Menkaura. Piramid ini dibangun oleh putra Chevren yang bernama Menkaura pada tahun 2600 SM. Piramid ini tingginya hanya 62 m dengan panjang tiap sisinya 104 m.
Di komplek sekitar piramid juga terdapat Sphinx yang merupakan patung peninggalan raja Chevren.  Patung ini gambaran badannya berbentuk singa dan kepalanya berwajah manusia. Panjang patung ini sekitar 70 m dengan tinggi 20 m.

Diperkirakan patung ini merupakan wajah dari raja Chevren. Berwisata ke lokasi Sphinx mempunyai  sensasi tersendiri. Apalagi ketika berada di antara pilar-pilar raksasa candi penyembahan dewa Hor-em-akhet. Desain interior yang unik sehingga memunculkan nuansa menegangkan. Di samping jenis materi bangunan yang langka, kadang membuat perasaan seolah berada di antara rakyat Fir’aun Khafre yang tengah melakukan prosesi ritualnya.

Serta didukung teknis penerangan unik, bersumber dari cahaya matahari yang menerobos melalui celah-celah batu kubus raksasa, yang telah didesain secara khusus. Para pengunjung yang berwisata di Piramid dapat juga masuk ke dalam Piramid dengan menuruni tangga sekitar 50 m. Didalam piramid ada ruangan yang dahulu digunakan untuk tempat pemujaan.



sumber dari: sharkee7.com

No comments:

Post a Comment

Post a Comment