Pages

Thursday 1 December 2011

jenis suara yang disukai

seorang sahabat dari indonesia mengirimkan email untuk dikongsi .....



Ada begitu banyak jenis suara yang ada di permukaan bumi ini, di mana setiap suara memberikan pengaruh pada seseorang. Suara tertentu memiliki kekuatan memperbaiki suasana hati kita, membangunkan kita, dan bahkan meningkatkan konsentrasi kita. Trus, Apakah suara paling disukai manusia? (ini hasil terjemahan saya dari sebuah situs…hehe)


1. Hidroterapi (suara yang berkaitan dengan air).
Entah itu sebuah sungai yang beriak, alunan lembut air terjun, atau gemericik suara hujan. Suara air memiliki kemampuan untuk menenangkan syaraf seseorang dan bahkan membuat tertidur. Lihar saja produsen musik yang merekam melodi air kepada individu penderita insomnia dan stres. Rahasia untuk efek air yang terdengar-santai mungkin terdapat dalam iramanya yang membantu seseorang mengatur napas, membuat tenang pikiran, dan membangkitkan kenangan indah ketika berada di alam bebas.





2. Bunyi jepretan, gemericik, letupan.
Suara-suara jenis ini seperti daun musim gugur kering, derakan kaki yang disebabkan kerikil, letupan minyak ketika mengggoreng. Suara** ini memiliki irama yang unik, lebih tinggi dan memberikan kesegaran.




3. Suara api yang menyala.
Ketika di perkemahan atau di tempat perapian, suara api yangberderak** adalah suara yang sangat menyenangkan, hal ini membuat seseorang menjadi tenang, bahkan dapat membuat jadi mengantuk. Hal ini mungkin saja terjadi karena api sendiri adalah alat pertama yang digunakan manusia menjaga diri mereka tetap hangat, memasak makanan. Selain itu, pertemuan pada malam hari dengan mengelilingi api unggun merupakan salah satu dari beberapa pertemuan sosial yang paling awal, memacu komunikasi dan membina hubungan antar manusia.




4. Suara tertawa
Jika tawa memang obat terbaik, maka pekikan lucu seorang bayi saat ia menemukan jarinya sendiri atau tawa balita ketika dia sedang digelitik adalah obat mujarab utama. Rasa senang dan sukacita yang murni dan tulus pada tawa anak-anak dapat membebaskan orang dewasa dari hari-hari yang penuh ketegangan. Dan bagi orang tua dari anak-anak, secara psikologis tertawa anak-anak dapat menjadi tanda meyakinkan bahwa semua adalah dalam keadaan baik** saja.




5. Polusi suara
Memang aneh, tapi salah satu suara yang paling banyak digunakan untuk terapi suara adalah bukan nada tunggal, melainkan kombinasi dari semua frekuensi sonik yang bermain secara bersamaan, di mana hal ini disebut dengan white noise. Dinamakan demikian karena adanya kesamaan dengan white light yang merupakan campuran dari semua warna. Suara ini bekerja dengan jalan menyerap semua kebisingan yang ada kemudian membuatnya menjadi lebih stabil dan lebih menenangkan. Sehingga, suara ini dapat menjadi bantuan untuk tidur efektif, peningkatan konsentrasi (dengan memblokir suara berisik mengganggu).




6. Suara ideal manusia
Pada tahun 1935, dua peneliti dari Bell Labs yang bernama Harvey Fletcher dan Munson WA melakukan investigasi pendengaran manusia. Fletcher dan Munson menemukan bahwa suara favorit semua orang adalah suara yang jatuh tepat dalam rentang frekuensi yang ideal (300-3,000 Hertz) untuk pendengaran manusia. Pertanyaannya adalah, apakah suara kita berkembang sesuai pendengaran kita, atau mungkin sebaliknya?



Sumber:http://www.care2.com/greenliving/6-sounds-humans-love-most.html

No comments:

Post a Comment