Pages

Monday 10 December 2012

Afghanistan Miliki Al-Quran Terbesar Dunia






Kabul: Penyelesaian Al-Quran terbesar di dunia sangat dielu-elukan sebagai prestasi besar bagi Afghanistan, ketika Al-Quran itu secara resmi di tunjukan secara umum di ibukota Afghanistan, Kabul.

Al-Quran ini memiliki ukuran panjang lebih dari 7 kaki (2,1 meter) dan lebar 10 kaki (3 meter), 218 halaman yang didekorasi dengan 30 desain kaligrafi yang berbeda-beda, dan memakan waktu hampir lima tahun untuk menyelesaikan.

Upacara peresmian digelar hari Kamis (12/1) kemarin di depan para tokoh agama, ulama, cendekiawan dan pejabat pemerintah, bertepatan dengan pembukaan sebuah gedung Pusat Kebudayaan dan seni pameran di Kabul yang dikenal dengan nama Hakim Nasir Khusraw Balkhi.

Proyek ini terinspirasi dan disponsori oleh Alhaj Mulia Syed Mansur Naderi, Seorang pemimpin sekte Syiah Ismaili di Afghanistan, lapor Khaama Press.

Seorang Kaligrafer terkenal, Muhammad Saber Yaqoti Hussaini Khedri dan murid-muridnya mulai membuat komposisi kaligrafi pada September 2004.

Semua 30 juz dari Al-Quran raksasa ini telah di desain dengan 30 macam kaligrafi yang berbeda. Dan akhirnya Al-Quran ini selesai pada September 2009.

Berbicara pada upacara peresmian Al-Quran ini kemarin (Kamis, 12/1), Mansur Naderi mengatakan penyelesaian Al-Quran ini sebagai suatu prestasi besar bagi bangsa Afghanistan.

Mereka yang terlibat dalam proyek ini mendapatkan Surat Penghargaan yang disampaikan oleh juru bicara Senat Afghanistan, Fazal Hadi Muslimyar.



sumber dari: z4lf4.wordpress.com

No comments:

Post a Comment