Pages

Tuesday 24 July 2012

keistimewaan bulan ramadhan



puasa ramadhan


Rasulullah Saw. bersabda:

“Sesungguhnya di dalam surga terdapat satu pintu yang dinamakan pintu ‘al-Rayan’ yang hanya dimasuki oleh orang-orang yang berpuasa. Ditanyakan (oleh pintu tersebut): ‘Di manakah orang-orang yang berpuasa?’ Maka mereka pun masuk dari pintu tersebut. Setelah semua orang yang berpuasa memasukinya, pintu itu pun ditutup dan tak akan ada lagi yang masuk melaluinya.”
(HR. Muslim, dari Sahl Ibn Sa’d).


1. Puasa merupakan salah satu amalan yang istimewa

Puasa itu untuk-Ku dan Aku langsung membalasnya. Orang yang berpuasa mendapatkan dua kesenangan, yaitu kesenangan ketika berbuka puasa dan kesenangan ketika berjumpa dengan Tuhannya. Sungguh, bau mulut orang berpuasa lebih harum dari pada aroma kesturi.”
(Hadits Muttafaq ‘Alaih).

Hadis ini menunjukkan bahwa ibadah puasa mendapat kedudukan yang berbeda dengan lainnya sehingga Allah swt. menjanjikan pahala puasa dengan tidak terbatas nilainya.

2. Merupakan rukun islam yang ke empat

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan asas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa. “
(Al-Baqarah : 183).

3. Bulan pengampunan dosa dan kesalahan

Ibadah di bulan Ramadhan dapat menghapuskan dosa.
Di antaranya adalah puasa Ramadhan,
sabda Nabi saw: ”Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan karena iman dan mengharap pahala (dari Allah Swt), niscaya diampuni dosa-dosanya yang telah lalu”.
(Muttafaqun ’alaih).

4. Dilipat gandakannya pahala . Yang wajib digandakan berkali kali lipat dan Yang sunnah dinilai seperti amalan wajib.

*Juga ada shalat tarawih yg termasuk shalat Qiyamul Lail

“Barangsiapa mendirikan shalat malam Ramadhan karena iman dan mengharap pahala (dari Allah) niscaya diampuni dosa-dosanya yang telah lalu. ”
(Hadits Muttafaq ‘Alaih).

*Juga Membaca Quran yang tadinya 1 huruf saja dinilai bisa sampai 10 kebaikan,nah ini di bulan Ramadhan dikalikan lagi…
Saya pernah dengar dari Ustadz, bahwa sewaktu hari akhir nanti orang yang senantiasa membaca Quran akan kaget, karena begitu banyak pahala yg ia dapat gara gara baca Qur’an..
Dari Utsman bin Affan Rasulullah bersabda: “Sebaik-baik kalian adalah orang yang mempelajari Al-Qur’an dan mengajarkannya.”
(HR. Al-Bukhari)

*Lalu juga sedekah dan rezeki dilipatgandakan :D

“Barangsiapa yang memberi makanan berbuka bagi orang yang berpuasa, maka baginya pahala yang semisal orang yang berpuasa tersebut tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa tersebut sedikit pun.”
(HR. At Tirmidzi, beliau berkata, “Hadits Hasan Shahih”)

makanya banyak2 beri makan orang yang berpuasa

5. Terjadi Kemenangan pada Perang Badar dan Pembebasan Mekkah dan banyaaaaaak lagi kemenangan umat Islam pd bulan ini. Jadi gak ada alasan pd bulan ini kita males malesan :P

6. Merupakan bulan penuh barokah yang di dalamnya terdapat malam Lailatul Qadr dan bulan saat turunnya Al-Qur’an

Lailatul Qadr yaitu malam yang lebih baik daripada seribu bulan, atau sama dengan 83 tahun 4 bulan. Malam di mana pintu-pintu langit dibukakan, do’a dikabulkan, dan segala takdir yang terjadi pada tahun itu ditentukan. Sabda Nabi :

“Barangsiapa mendirikan shalatpada Lailatul Qadar karena iman dan mengharap pahala, dari Allah niscaya diampuni dosa-dosanya yang telah lalu. ”
(Hadits Muttafaq ‘Alaih).

Dan malam turunnya Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi umat manusia dan berisi keterangan-keterangan tentang petunjuk dan pembeda antara yang haq dan yang bathil.

7. Di bulan ini pintu surga dibuka, pintu neraka ditutup dan para setan dibelenggu

8. Di hari akhir bau mulut orang yang berpuasa lebih harum dari kesturi
Perhatian,ini berlaku di hari akhir, jadi jangan sampe ga gosok gigi lantaran pengen harum..wkwkwk

9. Mendapatkan kegembiraan yang lebih dari bulan bulan lain

Tidak dapat dipungkiri, saat kita berbuka timbul rasa bahagia (iya kan??) terus banyak buka bareng yang dapat mempererat silaturahmi juga ..hhe.. dan yang paling bahagia adalah saat orang orang yang berpuasa bertemu dengan Rabb nya

10. Fasilitator untuk mencapai ketakwaan

Puasa melatih kita untuk beribadah lebih dan mematuhi syariat Allah SWT
Diantaranya melatih emosi karena kalau kita berdusta,marah marah, berkata kotor ,dan melakukan kejelekan akan mengurangi pahala puasa kita. Bahkan hanya mendapat rasa lapar dan haus saja (Nauzdubillah)



sumber dari: snowyautumn.wordpress.com

No comments:

Post a Comment