Pages

Saturday 19 October 2013

Reruntuhan yang menakjubkan





Membicarakan reruntuhan terbaik dunia, tentunya tidak boleh lupa dengan Piramida Giza, satu-satunya keajaiban dunia yang masih ada di dunia.

Piramida Agung Giza adalah piramida tertua dan terbesar dari tiga piramida yang ada di Nekropolis Giza dan merupakan satu-satunya bangunan yang masih menjadi bagian dari Tujuh Keajaiban Dunia.

Piramida Agung Giza adalah bagian utama dari kompleks bangunan makam yang terdiri dari dua kuil untuk menghormati Khufu (satu dekat dengan piramida dan satunya lagi di dekat Sungail Nil), tiga piramida yang lebih kecil untuk istri Khufu, dan sebuah piramida "satelit" yang lebih kecil lagi, berupa lintasan yang ditinggikan, dan makam-makam mastaba berukuran kecil di sekeliling piramida para bangsawan.

Beberapa ratus meter di barat daya Piramida Agung terdapat sebuah piramida yang sedikit lebih kecil, Piramida Khafre, salah satu penerus Khufu yang juga dianggap sebagai pembangun Sphinx Agung. Sementara, beberapa meter lebih jauh ke barat daya adalah Piramida Menkaure, penerus Khafre, yang ketinggian piramidanya sekitar separuhnya.

Di antara piramida ini terdapat dua piramida besar lain yang dibangun selama 80 tahun, lalu ada juga Sphinz, beberapa makam, dan reruntuhan pedesaan kuno Mesir.




Tembok Besar China merupakan bangunan terpanjang yang pernah dibuat manusia, terletak di Republik Rakyat Cina. Pada 1987, bangunan ini dimasukkan dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO.

Tembok Besar Cina tidak panjang terus-menerus, tapi merupakan kumpulan tembok-tembok pendek yang mengikuti bentuk pegunungan China utara. Tembok ini secara total memiliki panjang 8.851 kilometer.

Tembok Besar China disebut-sebut sebagai salah satu bangunan buatan manusia yang terlihat dari ruang angkasa dengan mata telanjang. Namun, setelah dilakukan investigasi oleh para astronot, persepsi tersebut tidak benar.

Dari orbit yang rendah, bangunan buatan manusia, seperti jalan, kapal laut, kota dan lain-lain memang dapat terlihat. Namun, pada saat melewati orbit Bumi dengan tinggi puluhan ribu kaki, tak satu pun benda di permukaan Bumi yang dapat terlihat, termasuk Tembok Besar China.


sumber dari: mesammesem.com

No comments:

Post a Comment